Rabu, 17 Juni 2015

Tips Aman Browsing di Warnet


Halo lagi kawan – kawan. Siapa sih yang gak pernah browsing, mulai dari browsing tugas, sosial media, informasi terkini, cari – cari lagu, dsb. Berbagai media digunakan untuk browsing, bisa dari ponsel, komputer pribadi, tidak jarang kita masih menggunakan jasa warnet. Ya, warnet merupakan tempat favorit ketika komputer, laptop, dan smartphone belum se booming sekarang. Sekarang pun masih banyak yang menggunakan jasa warnet, koneksi yang cepat dan stabil menjadi daya tarik tersendiri bagi warnet. ketika di warnet, tidak jarang kita harus login akun sosial media kita, hanya untuk sekedar lihat kabar, cek email, dsb. Nah, perlu diingat, tidak semua warnet aman untuk kita gunakan beraktifitas loh, banyak nih kasus – kasus karena warnet akun – akun pribadi di hack, baik oleh pemilik warnet yang iseng memasang keylogger, atau oleh user lain yang kebetulan menggunakan komputer setelah kita gunakan. bisa gawat tuh kalau sampai aku sosmed kita dibobol, bahkan akun internet banking. Nah pada kesempatan kali ini, Biang-Tekno akan membahas bagaimana tips browsing di warnet yang aman. 
 Selalu logout akun


Hal ini yang biasanya dilupakan oleh user ketika bermain di warnet, gara – gara hal ini pula kadang akun sosmed jadi memiliki gambar – gambar aneh, status – status aneh, karena ulah orang yang tidak bertanggungjawab, sekaligus kelalaian oleh user. Untuk lebih aman, pastikan ketika login akun sosmed, tidak memberikan centang pada kota “keep me logged in” atau sejenisnya, 
karena jika tercentang, meskipun kawan – kawan merestart komputer akan tetap terloggged in loh. Pastikan sudah terlogout semua, baru kawan – kawan bisa menutup browser, dan meninggalkan warnet.
Jangan simpan password sembarangan
Ketika login ke situs yang membutuhkan username dan password, browser secara otomatis menawarkan bantuan untuk menyimpan password kamu dari situs tersebut. gak masalah sih kalau di komputer pribadi, tapi jika di warnet jangan sekali-kali melakukan hal ini. Secara tidak sadar kita akan memberitahu orang-orang, password dan username dari komputer warnet itu. Jika pengguna komputer warnet itu lihai dia bisa saja melihat penyimpanan password browser itu dan mengotak-atik akun kita.
Gunakan fitur private browsing
Untuk menghindari hal diatas, bisa diatasi dengan menggunakan private browsing (pada mozilla firefox), incognito mode (pada google chrome), dan fitur sejenis. Dengan begitu, komputer dan browser tidak akan melakukan penyimpanan terhadap history, dan juga cookies, sekaligus kita juga merasa aman karena tiap login, akan otomatis terhapus ketika browser kita tutup. Hal ini menghindari orang – orang usil yang menggunakan komputer setelah kita di warnet untuk mencari tahu tentang situs apa saja yang kita kunjungi, kita login di halaman mana saja, dsb.
Jangan simpan file pribadi di komputer warnet
Seringkali kita menggunakan jasa komputer warnet untuk melakukan download, baik lagu – lagu bajakan, film, atau bahkan kita menggunakan komputer untuk melakukan download atau kirim email yang memuat informasi pribadi kita, misalnya lamaran kerja, dsb. Kadang untuk kemudahan, dan biasanya browser akan otomatis menyimpan file di komputer, atau kita secara tidak sengaja mengcopy file pribadi kita di komputer. Jika komputer tidak aman, maka siapa saja bisa melakukan akses komputer kita, dan mengambil data – data pribadi tersebut. untuk menanggulanginya, pastikan kita menyimpan berbagai informasi penting di flashdisk, atau hardisk portable yang kita bawa, jangan sekali – sekali menyimpan di komputer. Apabila kita menyimpan di komputer, pastikan sebelum meninggalkan warnet, kita sudah menghapus file tersebut. 
Jangan melakukan transaksi online

Kami tidak menyarankan untuk melakukan transaksi online di warnet, seperti jual beli, ataupun internet banking. Kita tidak pernah tahu, komputer warnet memiliki software tertentu yang bisa mencuri data pribadi kita ataukah tidak. Jika kita tidak sengaja memberikan data penting, misal password, atau nomor rekening, kartu kredit, dsb, bisa sangat bahaya. Maka lebih baik hindari melakukan transaksi online melalui warnet, lebih baik kita menggunakan komputer pribadi, atau melalui ponsel pribadi kita. 

Nah, gimana? Cukup bermanfaat? Tapi kawan – kawan jangan terlalu paranoid akhirnya tidak mau menggunakan jasa warnet ya, bisa – bisa bisnis warnet tutup kalau kawan – kawan tidak mau lagi main disana. Tapi sekarang, menurut pengamatan kami, sudah banyak warnet yang menggunakan fasilitas seperti DeepFreeze, yang ketika kita meninggalkan komputer, komputer akan otomatis restart, dan segala aktifitas yang kita lakukan di komputer tersebut akan otomatis juga terhapus. Waspada juga sekarang juga marak keylogger yang berbentuk hardware, jadi kawan – kawan harus tetap waspada ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ajukan Pertanyaan, atau komentar disini.