Jumat, 19 Juni 2015

Cara Mengamankan Flashdisk/Hardisk Portable dari Pencurian

Pernah gak kawan – kawan kehilangan flashdisk atau hardisk portable? Penyesalah pasti terjadi, tapi penyesalah paling dalam bukan karena harga atau bentuk barangnya, tapi isi di dalamnya. Bagi orang tertentu, kehilangan data – data penting, misal file kantor yang merupakan rahasia perusahaan, data – data pribadi, foto, dsb. Password – password akun yang kadang kita simpan di media eksternal tersebut. gimana tuh kalau file tersebut hilang? Pastinya kenyalah gunaan tidak bisa dihindari, foto – foto kita tersebar, data – data perusahaan bisa diambil lawan, dsb. Ancaman pecat dan privasi kita akan sangat terancam. Lantas bagaimana caranya agar data – data kita aman dari pencurian? Nah kita akan membahasnya dalam post kali ini. 

Dalam kesempatan kali ini, kami tidak membahas bagaimana membuat flashdisk atau hardisk portable kita tidak hilang ya, kalau begitu, bisa kawan – kawan cari sendiri, hehe. Tapi bagaimana mengantisipasi kehilangan tersebut, agar data – data didalamnya tidak disalah gunakan oleh si pencuri. 


Langkah – langkah yang harus dilakukan adalah :

Belilah hardisk eksternal atau flashdisk yang memiliki software enkripsi


Beberapa merek sudah menyediakan aplikasi keamanan bawaan di device mereka, seperti hardisk eksternal WD, memiliki software enkripsi yang baik. Biasakan membeli flashdisk atau hardisk yang memiliki fitur ini.

Buatlah banyak partisi pada hardisk


Jika kawan – kawan memiliki hardisk portable, pastikan membuat banyak partisi di hardisk tersebut, jangan hanya gunakan satu partisi. Kenapa hal ini harus dilakukan? Hal ini untuk membedakan mana data – data penting, dan mana data yang boleh diakses publik. Dan ketika nantinya salah satu partisi bermasalah, tidak mengganggu partisi lainnya, sehingga data kita tetap aman.

Amankan partisi atau flashdisk


Bagaimana cara mengamankan partisi atau flashdisk? Ingat post kami sebelumnya? Nah, gunakan password untuk flashdisk atau partisi penting kita. Gunakan aplikasi bawaan windows 7, yaitu bitlocker. Secara keamanan tentunya lebih terjamin, dan berdasarkan pengalaman kami, ketika flashdisk yang terenkripsi bitlocker bermasalah, diformat, dan direstore dengan aplikasi – aplikasi untuk mengembalikan file terhapus, tetap aman. Tidak meninggalkan jejak. Ya memang sih akhirnya data kita tidak bisa kembali, tapi lebih aman karena tidak bisa disalah gunakan pencuri.

Lakukan backup data penting secara berkala


Kapan kita tahu akan kehilangan media penyimpanan tersebut? tentunya tidak tahu. Kapan kita tahu flashdisk atau hardisk portable kita akan rusak? Tentunya juga tidak tahu, maka agar aman, lakukan backup di komputer anda secara berkala. Bagaimana agar backup tersebut juga aman? Gunakan aplikasi enkripsi lainnya untuk menambah keamanan data, seperti truecrypt, dan program – program lainnya. meskipun truecrypt sudah mengklaim dirinya tidak aman, setidaknya hal itu masih bisa melindungi dari pencuri – pencuri yang berkeliaran. Selama data kita bukan data – data yang sampai harus membuat NSA turun tangan, kami rasa masih aman jika menggunakan truecrypt. Hehehe. 

Selalu gunakan password pada file anda


Meskipun menggunakan bitlocker membuat partisi atau flashdisk kita aman, tapi tetap gunakan password berganda, yaitu pada file anda. Semakin aman semakin baik. Kadang banyak yang mengatakan password hanya bikin ribet, hey, belum pernah kehilangan file penting kan? Pasti orang tersebut tidak akan mengatakan hal yang sama jika tiba – tiba kehilangan file penting mereka. 

Jangan asal menancapkan hardisk atau flashdisk


Ya, jangan asal ditancapkan saja, apalagi pada komputer yang tidak dikenal, bisa saja komputer tersebut memiliki keylogger, atau software yang bisa menggandakan file kita. Meskipun hardisk atau flashdisk tidak hilang, tapi data – data penting tetap tercuri, karena sudah banyak cara – cara mencuri file, seperti disiniMaka cermatlah dalam menggunakan hardisk, perhatikan komputer yang kita gunakan, dan pastikan komputernya terpercaya. 

Gunakan aplikasi anti copy


Sudah banyak aplikasi anti copy, gunakan aplikasi ini agar data kawan – kawan aman dari pencuri – pencuri file yang suka mengambil data tanpa izin. Contoh aplikasi bisa dilihat disini. Ya, kira – kira seperti itu cara – cara yang bisa digunakan untuk mengamankan data milik kawan – kawan dan mengantisipasi jika hardisk atau flashdisk hilang. Jika merasa kurang, bisa ditambahkan di kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ajukan Pertanyaan, atau komentar disini.