Kamis, 18 Juni 2015

Chatting aman dengan Telegram Messenger

Bicara tentang aplikasi chat, ada pendatang baru yang cukup kompetitif nih urusan chat. Namanya Telegram Messenger. Sekedar pendapat pribadi kami, sebelum hadirnya telegram, kami sangat recommended dengan aplikasi chat milik whatsapp. Karena hanya whatsapp yang memberikan pelayanan paling prima, secara kecepatan, stabilitas aplikasinya, dan kemudahan penggunaannya. Pengguna tidak disibukkan oleh stiker – stiker yang menurut kami cukup memberatkan kinerja aplikasi. Nah, dengan adanya telegram, kami sempat tertarik, pasalnya telegram memiliki fitur yang tidak dimiliki aplikasi lain. Apakah itu? Nah, di kesempatan ini, kami akan sedikit membahas tentang fitur – fitur yang dimiliki telegram, dan apakah cukup kompetitif melawan rival senior mereka. 


Telegram dikembangkan oleh Pavel dan Nikolai Durov, mereka adalah yang menciptakan VKontakte, sebuah social network terbesar di Eropa. Pavel menangani masalah finansial, sementara Nikolai menangai masalah teknis pengembangan. perpaduan yang sangat kuat untuk menyaingi WA. Telegram difasiltasi untuk upload gambar atau video sampai 1 GB. Bandingkan dengan WA, upload file sebesar 1 Gb dipastikan tak akan berdaya. Salah satu kelebihan lain Telegram adalah data akan tersimpan di cloud, sehingga tidak menguras kapasitas memory kamu yang terbatas. Sementara WA makan space penyimpanan yang cukup besar tergantung pada penggunaan aplikasi WA.
Untuk tampilan chat sebenarnya sederhana, bisa dilihat. 

Kami menggunakan device iphone 4s, dengan update aplikasi telegram terbaru. Fitur killer yang dimiliki telegram adalah fitur keamanannya. 

Dalam halaman setting securitynya, user bisa menggunakan beberapa fitur yang menjadi nilai jual telegram. Passcode lock, untuk fitur ini, kami rasa, sama dengan milik Line, dan untuk android banyak aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk mengamankan aplikasi dengan pin. Telegram menjadi menarik adalah adanya aplikasi untuk Dekstop. Selain tersedia untuk gadget android, iOS, dan Windows Phone, Telegram juga menyediakan versi dekstop atau PC. Hal ini membuat telegram bisa online dalam banyak sesi. Nah dalam fitur session bisa melihat dimana saja kita pernah online.
Hal ini berguna bagi user yang sering ganti ponsel, komputer dan selainnya, dan sering lupa untuk logout. Ada tombol “terminate all other sessions” berguna melakukan logout di device selainnya, dan hanya menyisakan device yang digunakan oleh user. 

Juga ada fitur delete my account. Disini berguna jika user pernah berganti nomor dan lupa menghapusnya, atau ponsel hilang tak terlacak nomornya dan tidak bisa melakukan registrasi nomor, user bisa mengaktifkan fasilitas ini, sehingga ketika user tidak melakukan aktifitas selama waktu yang ditentukan, segala chat, grup, dsb yang dimiliki oleh user akan hilang dengan sendirinya. 

Untuk chat pribadi, Telegram menawarkan fasilitas secret chat, yaitu chat aman yang tidak meninggalkan rekam jejak pada server telegram, sehingga tetap aman. Untuk memulai secret chat, user perlu masuk di profil lawan bicara, dan klik start secret chat. Setelah secret chat dilakukan, user tinggal menunggu lawan bicara online. Selain itu, juga ada fitur destruct timer, yang membuat user bisa menghancurkan history chat secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. 
Sebelum mulai percakapan, user tinggal klik gambar jam di sebelah tombol send, dan tinggal pilih berapa waktu yang dibutuhkan untuk menghancurkan pesan. Sayangnya, untuk versi dekstop, dalam percobaan kami, masih tidak mendukung fitur secret chat, mari kita tunggu saja versi dekstop segera mendapatkan update.

menarik sekali semua fitur keamanan milik telegram, bagi yang ingin melakukan chatting dengan aman, dan kami rasa, siapa yang tidak butuh fitur ini? telegram bisa menjadi solusi terbaik untuk fasilitas chat. Sayangnya, telegram belum mempunyai fitur call seperti yang dimiliki line maupun whatsapp, tapi kami rasa fasilitas keamanan yang dimiliki telegram paling juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ajukan Pertanyaan, atau komentar disini.