Selasa, 23 Juni 2015

Membuat Android Anti Sadap



Sering nonton film bertema intelejen? Sering juga kan nonton adegan sadap menyadap yang dilakukan sang aktor? Dengan ponsel si aktor, bisa mengetahui semua informasi yang dimiliki oleh lawannya. Menyadap melalui jaringan bluetooth, wifi, atau berbagai metode yang dihadirkan di film tersebut. adegan tersebut tidak hanya terjadi di film atau tontonan televisi saja loh, nyatanya kasus penyadapan banyak digunakan, misal dalam kasus KPK, menteri – menteri yang disadap ponselnya, dsb. 




Pernah atau tidak kita merasa takut hal tersebut juga terjadi pada kita? Kok kesannya terlalu menakutkan ya? Bukannya tanpa alasan, ketakutan tersebut benar – benar bisa kok terjadi. Sekarang banyak program yang bisa digunakan untuk menyadap informasi yang ada di ponsel kita. Contohnya saja aplikasi ChildrenTracker. Diulas disini. Dari aplikasi tersebut, si penyadap bisa mengakses banyak informasi, mulai dari SMS, telepon, chat BBM, lokasi, bahkan bisa menyembunyikan icon aplikasinya. 

Orang – orang tertentu bahkan memanfaatkan fitur aplikasi tracker ponsel hilang menjadi alat sadap. Salah satunya disini. Umumnya fasilitas lokasi harus dihidupkan secara manual oleh pengguna ponsel, tapi denga aplikasi AndroidLost, fitur GPS, Wifi, bisa dihidupkan oleh si penyadap atau orang iseng, bahkan mengambil foto dengan kamera. Sangat menyeramkan, apalagi nantinya data – data tersebut disalah gunakan. Lantas bagaimana agar kita bebas dari upaya iseng orang – orang yang ingin menyadap ponsel kita? Dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana sih membuat ponsel kita aman dari kegiatan sadap menyadap?

1. Jangan asal meminjamkan ponsel anda
Umumnya aplikasi sadap seperti yang kami tuliskan diatas, harus melewati metode instal manual. Sehingga mengharuskan si pelaku menggunakan ponsel anda dan menginstal aplikasi tersebut termasuk melakukan setting aplikasinya. Lebih baik batasi siapa saja yang anda percaya untuk menggunakan ponsel anda. Tapi tidak semua orang dekat kita juga baik loh, jadi tetap waspada ya.

2. Jangan asal instal aplikasi
Jangan sembarangan mengintall atau memasang serta membiarkan aplikasi yang tidak kita kenal terinstall di ponsel dan berjalan leluasa. Bisa saja aplikasi ini merupakan aplikasi sampah yang bekerja untuk memonitor aktivitas kita di ponsel tersebut. dan juga kita harus selalu waspada, pantau secara berkala aplikasi apa saja yang berjalan di ponsel kita, jika mencurigakan, langsung hapus saja.

3. Matikan Bluetooth, Wifi, bahkan paket internet
Kenapa begitu? Karena seringkali si iseng bisa mengakses data kita jika hal – hal diatas dapat diakses. Ingat jaman penggunaan ponsel symbian? Juga ada program sadap tapi menggunakan bluetooth. Saat ini sangat mungkin fitur – fitur diatas dimanfaatkan sebagai jalan bagi si iseng.

4. No GPS? No problem
Kenapa GPS? Sebenarnya GPS sangat diperlukan terutama ketika kita tersesat, fitur GPS dalam ponsel sangat membantu. Tapi jika disalah gunakan, justru fitur GPS ini bisa digunakan seseorang untuk mencari tahu tentang kita. Misal, ponsel kita di sadap, dan si penyadap ingin mengetahui lokasi kita, ya tinggal dicari dan ketemulah kita. Kamera jika fitur GPS diaktifkan, maka akan dengan mudah dicari tahu dimana foto tersebut diambil. Bahkan pernah seorang yang sedang dicari – cari oleh pihak berwajib ditemukan gara – gara pacar dari si buronan mengambil foto dengan ponselnya.
Lagipula, dengan aktifnya fitur GPS, kita akan dengan mudah membagi lokasi kita kepada orang lain, melalui aplikasi chatting, facebook, dsb. Bukankan dengan begitu harusnya kita merasa semakin tidak aman karena selalu dimata – matai? Bahkan oleh semua orang?

5. gunakan kunci pada ponsel dan simcard
Yap, ini adalah proteksi paling akhir, jangan sampai meninggalkan ponsel kita dalam keadaan mudah diakses, bisa jadi ada orang yang memanfaatkannya dan menanamkan program – program yang merugikan kita. Jadi lebih baik dari awal amankan dengan menggunakan lockscreen, tidak hanya ponsel, tapi simcard juga usahakan untuk dikunci, beberapa informasi untuk mengamankan ponsel android bisa diakses disini.
Gimana? Cukup membantu kan infonya? Yuk praktekan biar ponsel kita tidak disadap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ajukan Pertanyaan, atau komentar disini.