Sabtu, 20 Juni 2015

Tips Membuat Password Yang Aman

Apakah kawan – kawan pernah mengalami kesulitan dalam membuat password? Atau sering dihack oleh teman karena password mudah ditebak? Atau kawan – kawan masih dalam satu aliran pengguna password tanggal lahir? Hehe. Password memang metode keamanan terlemah, kenapa begitu, karena dengan hanya menebak password seseorang bisa mengambil dan mengetahui isi informasi dari sesuatu yang kawan – kawan lindungi oleh password, bisa informasi pribadi, data – data pribadi, akun sosial media, bahkan rekening kawan – kawan. Jika password tersebut jebol, maka katakan selamat tinggal pada informasi kawan – kawan, atau siap – siap kehilangan seluruh tabungan, karena biasanya orang yang dicuri passwordnya butuh waktu beberapa lama untuk sadar bahwa passwordnya telah jebol. 

Kesulitan membuat password biasanya karena, kita susah untuk mengingat banyak hal, wah pasti menyulitkan harus mengingat tiap password yang berbeda – beda di akun kita. Atau kawan – kawan merupakan tipe orang yang tidak mau ribet dengan password, menggunakan satu password untuk semua akun, ini juga kadang berbahaya, sekali saja password kawan – kawan jebol, bisa digunakan untuk membuka semua akun milik kawan – kawan. 


Biasanya ada yang mengakali dengan aplikasi password manager, hal ini memang cukup ampuh, bahkan bisa menangkal keylogger, tapi coba bayangkan ketika aplikasinya rusak? Bisa – bisa malah kita kehilangan semua password. Nah, lalu harusnya seperti apa? Butuh aman dengan banyak password yang rumit, tapi tetap mudah diingat? Berikut kami jelaskan bagaimana sih cara membuat password yang rumit tapi tetap aman.
Berikut tips yang kami dapat dari sini, di situs ini cukup jelas menjelaskan bagaimana membuat password yang mudah. 


Password Dasar

Trik dalam mengingat banyak password yang paling mudah adalah memiliki password dasar yang bisa Kita ganti tergantung pada layanan yang Kita gunakan. Ini merupakan tantangan yang cukup menarik, karena Kita memerlukan pasword dasar terbaik yang benar-benar bisa Kita ingat. Kita bisa menggunakan metode penggunaan spesial karakter untuk diberikan pada password dasar, seperti misalnya i diganti dengan 1, s diganti dengan $, dan lain sebagainya. Jika metode ini cocok untuk Kita, maka Kita bisa memulainya dengan menempatkannya pada password dasar. Misal, kata yang mudah Kita ingat adalah “good”, maka Kita bisa menggantinya menjadi “6o0d”, sebagai password dasar, dan kemudian diikuti dengan layanan yang Kita gunakan misalnya kompas, maka akan menjadi “6o0dkompas”. Ini merupakan cara termudah untuk mengingat password namun tidak mudah untuk diidentifikasi orang lain.


Password dengan Pola Tombol Keyboard

Ini merupakan cara membuat password yang bisa Kita gunakan dengan memanfaatkan hal yang mudah Kita ingat, namun dicampur dengan beberapa trik dalam penggunaan tombol keyboard. Kita hapal dengan posisi tombol-tombol keyboard bukan? Maka mulailah dengan hal-hal yang mudah Kita ingat, misalnya tanggal lahir Kita. Sebagai contoh, tanggal lahir Kita adalah 23 Juni, maka dapat ditulis dengan 236. Selanjutnya, lihat pada keyboard dan terapkan pola kepada angka tersebut pada keyboard, misalnya dengan pola tombol dua ke bawah dan satu ke kiri dari angka tadi. Maka, password yang akan Kita dapatkan adalah 2wsd3edf6yhj. Ini merupakan cara aman yang diterapkan pada hal-hal yang Kita ingat, dan Kita dapat mengganti pola-pola tersebut sesuai dengan keinginan Kita.


Password Campur Kata

Dengan metode ini, Kita akan mendapatkan password yang mudah diingat sesuai dengan keinginan Kita, namun dengan mencampur semua hal-hal tersebut. Metode ini akan sangat berguna dan Kita dapat langsung menyukainya. Kita bisa mengambilnya dari suatu kata dari aktifitas, kesenangan, atau hobi yang biasa Kita lakukan. Sebagai contoh, Kita menyukai minuman chocolate milkshake, maka password yang akan Kita dapatkan dengan mencampurnya adalah cmhiolckoslhaatkee. Apabila dirasa bagi Kita password tersebut belum aman, Kita bisa menerapkan metode huruf besar dan huruf kecil pada password yang Kita gunakan. Selain itu, untuk kombinasi, Kita juga bisa menambahkan karakter spesial berupa nomor atau simbol, dan password Kita tidak akan mudah untuk diketahui.

ganti password secara berkala

 Hal ini supaya akun kita selalu aman. semua pihak seperti bank, bahkan facebook menganjurkan penggunanya untuk selalu rutin merubah password. Terlihat menyulitkan, tapi ketika sudah menjadi kebiasaan, maka akan menjadi kebiasaan yang bagus sekali loh. 

Nah, proteksi tidak hanya dengan membuat, tapi juga jangan sekali – sekali dalam membuat password :

Memberitahu orang lain

Ya, jangan sampai kita memberitahu orang lain, karena itu merupakan kesalahan paling mendasar dalam pembuatan password. Simpan password untuk anda sendiri. 

Password sama untuk semua akun

Memudahkan, tapi sekaligus tidak aman. Sekali jebol, bisa jebol semua akun anda. 

Jangan gunakan tanggal lahir, nama keluarga, nama orang dekat

Seringkali seorang ayah membuat password dengan nama anaknya. Seorang remaja membuat password dengan nama pacarnya. Atau ibu – ibu yang membuat password dengan menggunakan tanggal lahirnya. Jangan ya, hal tersebut karena akan mudah sekali dibobol. Kerja hacker tidak hanya menggunakan software untuk menjebol password, tapi juga ada metode intelligent guessing, yaitu tebak – tebak beruntung. Biasanya menggunakan tanggal lahir, nama orang dekat, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ajukan Pertanyaan, atau komentar disini.