Minggu, 21 Juni 2015

Mari Amankan Laptop Dari Pencurian

Laptop ataupun PC untuk saat ini bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer loh, kenapa, karena hampir tiap orang membutuhkan gadget tersebut, dan pastinya kemana – mana selalu dibawa. Dalam laptop tersebut, juga tersimpan berbagai data tentang si pemilik. Baik data berupa file – file tugas, materi, file kerja, file – file pribadi, bahkan akun – akun pribadi juga tersimpan dengan nyaman dalam browser masing – masing. 

Pernah kan merasa khawatir kehilangan laptop? Bukan hanya harga laptop yang bikin ngeri, tapi berbagai informasi penting juga terancam lenyap. Apalagi menjelang lebaran, seperti sekarang, pasti pencurian juga makin marak. Bisa dibayangkan, ketika laptop ini tercuri, kita harus siap kehilangan file – file tersebut. nah kali ini, kami ingin membahas tentang tips bagaimana sih agar laptop kita tetap aman, dan ketika dicuri, kita juga masih bisa merasa aman dari pencurian data? 

 Fisik/Hardware

 

Pengamanan secara fisik biasanya menggunakan kunci seperti yang biasa digunakan pada sepeda, tapi bedanya jika untuk sepeda kita mengaitkannya kuncinya ke ban, maka pada laptop kunci ini dikaitkan ke meja atau perabotan sekitar yang kuat untuk menahannya.

Lalu ada juga yang menggunakan perangkat alarm yang ditancapkan ke komputer melalui koneksi USB. Apabila perangkat USB ini terlepas pada saat pencuri berusaha mengambil laptop Kita, alarm tersebut akan berbunyi. Tentu saja Kita harus berada di sana untuk mencegah pencuri melarikan diri.
Ada pula pengaman sejenis sensor yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi gerak dengan alarm yang mampu menghasilkan suara sekeras 100 db, tinggal tancapkan pada laptop Kita, lalu ketikkan password, dan laptop siap untuk ditinggal. Jika ada seseorang yang berusaha memindahkan laptop Kita maka sensor yang ada akan memicu alarm dari perangkat tersebut.

Software


Karena pada kategori ini saya menemukan banyak software yang berbayar maupun yang gratis, maka saya hanya menjelaskan software yang gratis lalu memiliki fitur paling lengkap dan dapat melengkapi kerja software yang lain untuk mengamankan laptop Kita.

LaptopLock adalah sebuah software di dalam komputer yang memanfaatkan koneksi internet sehingga terhubung dengan server pusat milik LaptopLock.



Software yang bernama ini dapat mengamankan data dan membantu jika sewaktu-waktu laptop kita dicuri atau hilang. Yang dapat dilakukan oleh LaptopLock saat komputer kita dicuri adalah:
  • Menghapus data
  • Mengenkripsi data
  • Menampilkan pesan ke pengguna laptop
  • Menjalankan suatu aplikasi
  • Membunyikan suara
  • Visible / hidden dari pengguna laptop

Untuk memakainya, sign-up gratis di situs LaptopLock, daftarkan komputer kita lalu instal Laptoplock di komputer. Jika suatu saat laptop kita dicuri, kita dapat kemudian membuka akun yang telah kita buat sebelumnya dan memilih apa saja yang akan dilakukan.

Sebagai contoh, misalkan laptop Kita dicuri, Kita login ke akun LaptopLock, lalu tkitai status komputer Kita "Report Missing Computer."
Tidak lama kemudian laptop yang hilang/dicuri tadi jika terhubung ke jaringan internet, maka software LaptopLock akan menjalankan tindakan-tindakan yang sudah Kita setting sebelumnya.

 

lakukan enkripsi pada laptop kita

 

 

cara meng-enkripsi, adalah gunakan password pada tiap aktifitas laptop. Yang harus dilakukan awal adalah :

  • Password BIOS. Aktifkan password BIOS, dengan cara masuk ke menu BIOS, security, lalu setting password
  • Gunakan enkripsi pada tiap drive yang kita gunakan pada laptop. Untuk enkripsi standar, bisa menggunakan bitlocker, sebagai software bawaan dari windows 7. Untuk yang lain, kami menyarankan gunakan software enkripsi seperti truecrypt, dsb.
  • Meskipun sudah mengunci drive, biasakan juga menggunakan password pada tiap file yang kita buat, dobel proteksi selalu lebih baik.
  • Usahakan tidak menyimpan password di browser, biasakan menggunakan mode incognito, atau private browsing. Biasakan memasukkan password secara manual, untuk lebih lengkap mengenai password bisa dibaca disini
Bagaimana, cukup mudah kan? Laptop aman, data pun aman. Mari kita biasakan melakukan aktifitas diatas, niscaya keamanan kita akan selalu terjaga. Sekian terima kasih. 

sumber : disini, dan tambahan dari pengalaman kami. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ajukan Pertanyaan, atau komentar disini.