Rabu, 17 Juni 2015

Tips Bercakap - cakap di dunia maya

Jaman sekarang, siapa sih yang gak kenal dengan Chatting? Wahana bercakap - cakap di dunia maya ini sudah mulai digandrungi sejak boomingnya mIRC. sejak saat itu, perkembangan dunia chat makin pesat, layanan chatting pun makin banyak, seperti Yahoo Messenger, Google Talk, bahkan ketika tidak punya teman yang diajak chatting, bisa tuh chatting dengan robot, sebut saja SimSimi. Kami sempat bingung juga, kenapa sih chatting amat digandrungi oleh masyarakat? Salah satu hal yang menurut kami cukup beralasan adalah, kemudahannya, dan dengan chatting seseorang tidak perlu bertemu langsung dengan lawan bicaranya, bagi sebagian orang, hal tersebut akan sangat menyenangkan. Apalagi bagi seseorang yang memang di dunia nyata memiliki sifat pemalu, dengan adanya fasilitas chatting, akan sangat membantu dirinya untuk berinteraksi dengan orang lain.

Selain berbagai kelebihan yang dimiliki, ternyata dengan adanya chatting, juga bisa dimanfaatkan oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab. Contohnya kasus penipuan, juga sering terjadi akibat seseorang menggunakan fasilitas chatting, seperti kasus ini. seseorang menggunakan kelebihan yang dimiliki fasilitas chatting untuk menipu korbannya. pelaku menggunakan identitas anonim untuk membuat korbannya terkesan, hingga mau memberikan harta, dsb. Ketika dirasa sudah cukup, pelaku lalu menghilang, dan korban hanya bisa pasrah, apalagi hanya mengenal pelaku dari fasilitas chatting dan dengan identitas palsu pula. Belum lagi kasus - kasus asusila, sering terjadi juga lewat fasilitas chatting, dan dampaknya bisa menjerat pelakunya karena melanggar UU pornografi karena menyebar gambar tidak senonoh, seperti dalam kasus ini. Masih banyak lagi sebenarnya kasus - kasus seperti penculikan, dsb.

Nah, lalu, harusnya seperti apa sih agar aktifitas chatting tidak menyebabkan hal - hal diatas? berikut beberapa tips yang Biang-Tekno himpun agar aman dalam berkomunikasi menggunakan fasilitas chatting.
Kenali lawan bicara anda
    Yap, pertama kali kawan - kawan harus kenal dahulu siapa yang akan diajak chatting, jika tidak memiliki identitas yang jelas, apalagi punya track record menipu, wah, jangan coba - coba deh. Kalau kawan memang ingin bercakap dengan orang asing, kenali pembicaraannya, jika menjurus kepada pembicaraan yang tidak sesuai, perlu diakhiri saja pembicaraannya.

Menggunakan identitas asli? Perlu dipikirkan lagi nih
    Sederhananya, kalau bercakap dengan orang yang tidak memiliki identitas jelas, kenapa kita harus menggunakan identitas secara jelas pula? jika kawan ingin berbincang dengan orang yang dikenal, boleh lah menggunakan identitas asli, karena memang sejak awal sudah kenal, tapi kalau memang niatnya adalah chatting dengan orang asing, tentukan dengan bijak, Jaman sekarang banyak kok fasilitas chatting yang memungkinkan kita menggunakan identitas samaran, seperti di Omegle.com, atau menggunakan aplikasi chatting yang disamarkan identitasnya.  
    Gunakan media yang aman
      Pemilihan media chatting yang aman sangat diperlukan. Jika sedang chat tentang bisnis dan harus berbagi informasi, jangan gunakan media chatting yang bisa diakses publik, misal di chat room, hehe. gunakan fasilitas chat personal yang memiliki keamanan baik. Kami rasa sudah banyak kok media chatting yang menjamin keamanan penggunanya.  
      Jangan bagi informasi penting anda
        Nomor telpon, nomor kartu kredit, password akun personal, tanggal lahir, dan berbagai informasi lainnya, dapat digunakan penipu untuk menipu kita, atau bahkan menjebak anda, jadi, bagikan informasi secukupnya ya kawan. 
      kesimpulannya, bijaklah dalam menggunakan fasilitas chatting, apalagi di dunia maya, semuanya bisa terjadi. Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

      Ajukan Pertanyaan, atau komentar disini.