Selasa, 23 Juni 2015

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Banyak Beraktifitas Di Depan Monitor



Saat ini hampir semua aktifitas diselingi dengan penggunaan komputer atau laptop. Bahkan tak jarang pekerjaan tertentu menuntut seseorang untuk berada di depan layar komputer berjam – jam. Terlalu lama menatap layar komputer juga menimbulkan dampak serius bagi kesehatan mata. Berdasarkan studi yang dilakukan, radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan layar komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya. Gangguan lain akibat bekerja terlalu lama di depan komputer juga dapat menyebabkan sakit kepala,sakit leher dan bahu pegal. Karenanya jika kegiatan sehari-hari Kita adalah di depan komputer maka Kita perlu memperhatikan aspek kesehatan dengan selalu melindungi dan merawat kesehatan mata.


Berikut tips dari yang kami himpun untuk menjaga kesehatan ketika bekerja lama di depan komputer.


1. Atur kecerahan layar monitor
Penting untuk mengatur kecerahan layar monitor agar nyaman ketika digunakan. Layar yang terlalu cerah akan membuat mata cepat lelah dan sakit. Untuk awal, menggunakan layar yang kurang cerah memang tidak menyenangkan. Menyebabkan kurang jelas dalam melihat warna, dsb. Tapi dalam waktu yang lama, menatap layar monitor yang terlalu cerah, akan menyebabkan hal yang disebutkan diatas, jadi bijaklah dalam mengatur kecerahan monitor. 

2. Gunakan screen protector
Pertimbangkan untuk menggunakan screen protector/pelindung layar pada komputer/laptop Kita. Screen protector berfungi mengurangi efek radiasai yang dipancarkan layar komputer. Sekaligus menghindarkan monitor kita dari berbagai goresan. Bahkan dulu sempat ada semacam lapisan anti radiasi, meskipun kami tidak tahu hal tersebut berguna atau Cuma akal – akalan produsen, yang tentunya kami juga belum melakukan penelitian lebih dalam mengenai fungsinya, tapi worth to try jika memang memiliki budget lebih. 

3. Atur jarak pandang
Idealnya, jarak pandang antara layar monitor dengan mata adalah 45 cm. Terlalu dekat mata Kita dengan layar monitor, maka akan membuat mata cepat lelah dan sakit. Hal ini lah yang juga seringkali berkontribusi membuat para remaja memakan kacamata tebal. Jadi lebih baik dicegah kan daripada harus membuat aktifitas lebih susah dengan menggunakan kacamata tebal. Kecuali memang sudah memakai, hehe, lebih baik tidak menambah parah.

4. Mengistirahatkan mata secara berkala
Normalnya kita mengedipkan mata 18 kali setiap satu menit. Namun ketika di depan layar komputer kita akan terpaku dengan pekerjaan yang sedang dihadapi sehingga akan lebih sedikit untuk berkedip. Jika Kita membutuhkan waktu lama untuk bekerja di depan komputer, ambillah waktu setiap dua jam sekali untuk istirahat. Tutup mata kita untuk beberapa saat, cukup membantu menghilangkan mata lelah loh, bisa kok dicoba. 

5. Alihkan perhatian sejenak
Menggunakan komputer akan membuat mata Kita tertuju hanya pada objek di monitor. Sebaiknya alihkan pandangan beberapa saat untuk memperhatikan hal sekitar agar mata tak cepat lelah. Lebih baik jika ruangan kerja kita menghadap paparan taman hijau, selain suplay udara segar, hijau tanaman menyegarkan mata kita, tentunya membuat kita lebih segar dan siap melanjutkan pekerjaan. 

6. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Buah-buahan dengan kandungan vitamin A yang tinggi sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi buah yang baik untuk kesehatan mata, umumnya orang akan menyarankan wortel, tapi banyak buah lain yang juga memberikan banyak vitamin A, seperti tomat. 

7. Lakukan tes mata secara berkala
Ini juga tak kalah penting. Untuk mengetahui kondisi kesehatan mata Kita, sebaiknya periksakan kepada dokter spesialis mata setiap 3 bulan sekali. Dengan begini, jika ada keluhan pada mata akan segera mendapat penanganan.

Nah bagaimana, cukup membantu kah untuk kawan – kawan yang tiap harinya beraktifitas di depan komputer? Artikel diatas kami kembangkan dari sini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ajukan Pertanyaan, atau komentar disini.